Sebuah karya yang terlahir dari sebuah obrolan ringan yang dibumbui dengan canda menghasilkan “Perang Plesetan” yang pada akhirnya tertuju pada plesetan kata jaran kepang menjadi Jaran KePUNK dan kemudian ada yang menimpali Jaran KPOP.

Proses seperti ini biasanya kami lakukan dalam mendisain sebuah grafis oblong. Namun di sini, kami ingin mencoba media lain yang masih dalam lingkup seni populer.

PUNK dan KPOP adalah sebuah budaya yang kental dengan fashion, music dan performance. Jika di dalam Jathilan ada trance dance, pada moshpit punk juga ada moshing. Jika di dalam jathilan ada tarian yang lemah lembut, di Kpop juga ada.

Dari berbagai perbedaan dan persamaan yang ada antara Jathilan, Punk dan Kpop. Kami mencoba memadukan tiga unsur seni menjadi karya baru yang kami sebut Jaran KePunk Jaran KPOP.

JUDUL :

Jaran KePUNK Jaran KPOP

Sebuah karya yang terlahir dari sebuah obrolan ringan yang dibumbui dengan canda menghasilkan “Perang Plesetan” yang pada akhirnya tertuju pada plesetan kata jaran kepang menjadi Jaran kePUNK dan kemudian ada yang menimpali Jaran KPOP. PUNK dan KPOP adalah sebuah budaya yang kental dengan fashion, music dan performance. Jika di dalam Jathilan ada trance dance, pada moshpit punk juga ada moshing. Jika di dalam jathilan ada tarian yang lemah lembut, di Kpop juga ada. Dari berbagai perbedaan dan persamaan yang ada antara Jathilan, Punk dan Kpop. Kami mencoba memadukan tiga unsur seni menjadi karya baru yang kami sebut Jaran KePunk Jaran KPOP. Koreografer : @milarosinta Dancer : @dewisintafajar @desta.yukki @karimafalastin Kolaboration with @dagadudjokdja Full video on Youtube Mila Art Dance #milaartdanceschool #milaartdancegroup #sekolahtariyogya #belajartaridiyogya #dagadujogja #jogja #jogjaevent #jogjaistimewa

Jaran KePUNK Jaran KPOP DAGADU x JIMI MAHARDIKKA x MILA ART DANCE

Judul : Mataya Indonesia Sinopsis : Indonesia dengan keberagaman suku, ras, agama, budaya merupakan kekuatan bagi suatu bangsa yang penuh budaya. Perbedaan ini bukan pemisah, namun saling mengisi satu sama lain untuk menjadi bangsa yang kuat karena saling melengkapi. Mataya dalam bahasa sangsekerta adalah menari, dengan menari kita rayakan keberagamaan ini dengan menari dan mencintai budaya indonesia berbeda – beda tetapi satu jua, cinta budaya, cinta Indonesia. Koreografer : @milarosinta Komposer : @gamelanon Dancer : @valentina_ambarwati @krisna_bening @jenniferncbella @angelagraciapramudita @vindieryandwi @belanita09 @_sweetcigarette 📽 : @ghanirmd 📷 : @wenkisme #indonesiamerdeka #merdeka #dirgahayuindonesia #dirgahayurepublikindonesia #independenceday #milaartdanceschool #malioboro #yogyakarta #nolkilometerjogja #matayaindonesia #challengemilarosinta2 25 Video terpilih @swaradanta @chandraadhi_ @valentina_ambarwati @elsi_sastia @evierakhmalia @moch.rizki_d @ameera_nadia_calista @valent_angellac @krisna_bening @margaslv_ @ghitaanjali @desta.yukki @megaaagaluh @_putrinurjanah @ncawati @_sweetcigarette @yolalands @tristiandhika @mentarimutiasari @elidahandayani @intantiarapangestu @pipin_pd @yurikameilani @sifa_sabda @smarakinanthi

Seluruh peserta yang mengikuti “Challenge Mila Rosinta #2” akan diberikan sertifikat digital dengan mengirimkan alamat email dengan kirim DM ke Instagram milaartdanceschool. Semoga dengan ini kita bisa sama-sama menebar energi positif untuk bisa melewati pandemi ini dengan bersatu dan bersama. Siapapun bisa menari dan teruslah menari teman-teman. Ditunggu video menarinya .. 🙏

Tutorial Tari “Mataya Indonesia” ada di Youtube : Mila Rosinta 🙏 . Dan semua video yang telah kalian buat untuk mengikuti challenge ini akan kami buatkan dalam bentuk kompilasi mozaic. Terimakasih … Salam Budaya 🙏. #menaribersama #ayobelajarmenari #dancechallenge #menaridirumahaja

Kelas Tari Kreasi Bali . . Tari kreasi dapat diartikan sebagai seni tari atau jenis tarian yang diciptakan manusia dengan mengembangkan tarian disuatu daerah dari aturan2 / pakem2 yg ada tetapi tetap memiliki ruh tradisi daerah yg dikembangkan menjadi sebuah koreografi. Selain itu, para seniman juga bisa menciptakan tari kreasi baru berdasarkan tari nusantara yang telah ada. Tari kreasi dapat di lakukan secara tunggal, berpasangan, atau berkelompok. . . . Teacher & Koreografer by @deooliftyansi_ Student : 1. Thalita Prasaya 2. Clairette 3. Nikita 4. Kinnari 5. Kirana Judul : The Ladies Sinopsis : Perasaan penuh gejolak dan mendebarkan hati para wanita yang sedang mengalami jatuh cinta. Kadang kala mereka merasakan bahagia hingga lupa rasanya bersedih, kadang mereka merasakan rindu yang membuat tak nyaman untuk tidur dan kadang pula mereka merasakan sakit hati hingga lupa caranya untuk tertawa. Perasaan yang selalu membuat penasaran dan bertanya-tanya, “apakah memang ini yang dirasakan saat jatuh cinta?” Lagu : Mysterious – Hello Venus, Decalcomanie – Mamamoo, What You Waiting For – SOMI. Feel the sound of nature by @milaartdanceschool 🤍 Hai teman-teman Mila Art Dance.. Beberapa minggu terakhir, kasus covid meningkat lagi nih.. Jadi kami dari pihak MAD School juga ikut meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19. Kami mengambil langkah preventif sebagai tindakan pencegahan di lingkungan sekolah kami, diantaranya wajib menggunakan double masker selama di dalam gedung Mila Art Dance School, cuci tangan sebelum dan sesudah kelas, cek suhu tubuh, untuk teman2 dari luar kota bekum boleh mengunjungi atau ikut kelas di MAD School, juga untuk sementara waktu, kelas akan di laksanakan secara online. Aku tau tidak mudah melewati setahun ini begitu saja. Tidak ada yg pernah menyangka perubahan besar terjadi pada kita semua. Sempat kehilangan harapan, merasa terkungkung, sangat terbatas, dan rindu akan hingar bingar pertunjukan .. Akan tetapi, kamu tidak sendiri .. Hampir semua merasakan hal yg sama Ini waktunya kita berkontemplasi Menanyakan kembali tari dalam diri Bangun dan Menarilah Dari Mati Suri Semesta Merindu Lewat Tari Sepi… Terdiam.. Teronggok… Kaku… Dan tak bergerak…. Tanpa Daya… Sunyi dalam ruang Tak Berteman… Tak Bertuan… Tak ada Harapan… Tunggu Coba kau ingatlagi… Dulu kau bilang Tari adalah hidupmu? Tapi kenapa kini kamu meninggalkannya? Bangun… ia rindu padamu… Tari adalah doa pada sang kuasa Tari adalah syukur pada Semesta Tari adalah cara menyapa setiap jiwa yang terluka Tari adalah ruang bagi kita untuk saling menguatkan Tari adalah hidup…. Bangun… Bangun dan Menarilah… Choreographer, Script & Dancer @milarosinta directed by @fabianpamor @locomotionart Costum by @kokaind . . . #worlddanceday #milarosinta #dancestory #indonesiandancer #penariindonesia #indonesianchoreographer #performer #dancer #dancevideo

“Mother Earth” adalah personifikasi umum alam yang fokus pada aspek-aspek pemberian kehidupan dan memelihara alam dengan mewujudkannya dalam bentuk ‘ibu’. Karya ini merupakan sebuah ekspresi kasih sayang ibu terhadap seorang anak, proses dari mengandung, melahirkan, kehadiran kendi sebagai symbol rahim ibu yang melindungi kehidupan didalamnya, hingga luapan keegoisan dalam diri ibu yang sewaktu-waktu muncul dan dapat sirna karena kasih sayang terhadap anaknya.

Ibu adalah rumah bagi anak-anaknya, pelukan, gendongan, kecupan adalah ruang ternyaman bagi sang anak. Dan bagi sang Ibu, Anak adalah kekuatan Ibu untuk selalu berjuang dan berkorban demi kebahagiaan sang Anak. Kasih sayang ibu tanpa balas jasa.

Bumi sebagai naungan kehidupan bagi seluruh isinya adalah bagaikan seorang Ibu bagi anak-anaknya. Pemberi kehidupan, memelihara alam beserta isinya dengan kasih sayang tanpa balas jasa. Air, api, tanah dan udara merupakan akar kehidupan di dalam ibu bumi. Alam menyediakan segalanya bagi seluruh kehidupan di bumi.

Kecintaan seorang ibu kepada anak-anaknya adalah sebuah pengorbanan. Bahagia, sedih, senang, kesakitan, kemarahan, kerusakan yang dirasakan ibu kepada anak-anaknya tidak akan membuat kasih sayang ibu hilang begitu saja. Akan selalu ada sebuah ikatan batin antara ibu kepada anaknya.

Bumi adalah Ibumu. Langit adalah sang Ayah. Engkau hadir dibumi sebagai kebahagiaan dan memberikan pembelajaran tentang arti sesungguhnya tentang cinta.

Sebuah pengalaman baru bagi kami membuat sebuah koreografi tari film anak-anak. Dan ternyata mereka (anak-anak) happy sekali proses pembuatannya, lantaran di film-film sebelumnya baru berkesempatan membuat koreografi dengan orang-orang dewasa baik untuk ranah festival maupun hiburan. Di adegan opening dan beberapa scene, anak-anak dari tim Mila Art Dance School menari dan berakting di film Doremi and You.

Ketika berkarya tentunya kita harus sadar betul bahwa kita adalah tim yang dapat dipercaya, bertanggung jawab, dapat bersinergi, saling mensupport, saling mengerti dan tentunya menjalin komunikasi yang baik. Dalam proses karya ini, bersama sutradara yang karya-karyanya penuh makna seperti mas BW, Mila Art Dance diberikan kesempatan untuk dapat berkarya bersama dalam karya ini. Sharing, juga bertukar pikiran tentunya antara dunia film dan tari. Kemudian mencari kemungkinan antara tubuh yang hadir dan media lensa yang digunakan merupakan proses yang terus membuat kita belajar dari satu karya ke karya lain.

Akhir kata, pihak Mila Art Dance School sangat mensyukuri telah melalui dan diberikan kesempatan mengerjakan karya ini. Terima kasih kepada Good Work Production, yang telah mempercayakan tarian-tarian di film Doremi And You kepada kami. Terima kasih juga kepada Ufa dan seluruh team penari Mila Art Dance yang telah berproses bersama dan berbagi semangat yang tak pernah padam.

Suatu kebanggaan bagi kami dapat bekerja sama dengan Lexi Mere selaku Produser dan BW. Purbanegara selaku Sutradara juga para aktor dan aktris yang membintangi film Doremi And You: Devano Danendra, Naura Ayu, Fatih Unru, Nashwa Zahira, Toran Waibro.

Komunikasi yang hangat dibangun. Ruang diskusi berbagi ide pun amat terbuka dan tentunya kebersamaan keluarga film ini akan terus membekas di memori kehidupan ini. Terima kasih keluarga “Doremi and You”. ❤️ Mari mengapresiasi karya ini bersama keluarga dan teman-teman kalian. 💃🏻

Sebuah pengalaman baru bagi saya membuat sebuah koreografi film anak2 yg ternyata happy sekali proses pembuatannya, krn difilm2 sebelumnya baru berkesempatan membuat koreografi dengan org2 dewasa baik untuk ranah festival maupun hiburan. . Di sutradarai oleh mas @bewe_bw , salah satu sutradara Yogyakarta yg saya kagumi menghubungi dan mengajak saya untuk berkarya bersama membuah koreografi diopening film ini, dan happy juga krn akhirnya bisa kerja bareng sama koreografer jakarta @ufasofura yg baik hati. Terimakasih keluarga Doremi & You 🙏 . . Dan buat teman2 yg menunggu Film Doremi & You ( @doremiandyoufilm ) sudah tayang hari ini di seluruh bioskop Indonesia ( 20 Juni 2019 ) ❤️ . Terima kasih kepada Good Work Production, yang telah mempercayakan tarian2 difilm Doremi And You kepada Mila Art Dance School ( @milaartdanceschool ). Terima kasih juga kepada para koreografer @milarosinta dan @ufasofura dan seluruh team penari Mila Art Dance yg telah berproses bersama dan berbagi semangat yg tdk pernah padam.
  • Jaran KePUNK Jaran KPOP
    Date
    September 11, 2021
    Dari berbagai perbedaan dan persamaan yang ada antara Jathilan, Punk dan Kpop. Kami mencoba memadukan tiga unsur seni menjadi karya baru yang kami sebut Jaran KePunk Jaran KPOP.
  • Edisi Kemerdekaan RI - Tarian Mataya Indonesia untuk Kemerdekaan RI ke-76
    Date
    August 21, 2021
    Di edisi kemerdekaan kali ini, melalui tarian "Mataya Indonesia", kami mencoba merepresentasikan pakaian adat dan tarian dari beberapa daerah di Indonesia sebagai bentuk perjuangan kami untuk terus melestarikan kebudayaan nusantara.
  • Date
    February 13, 2021
    Kekuatan Negara Indonesia adalah Keberagaman yang ada di dalamnya, untuk saling mengisi, saling toleransi, percaya bahwa keberagaman adalah keindahan, bisa menghargai dan inilah kekuatan kita yang tidak dimiliki negara lain.
  • Mataya Indonesia
    Date
    March 15, 2020
    Lewat tarian Mataya Indonesia, kami ingin menyampaikan bahwa keanekaragaman etnis, agama serta budaya yang Indonesia miliki bukanlah pemisah, melainkan fakta yang saling mengisi dan menguatkan satu dengan yang lain.
  • Date
    March 15, 2020
    Gong sebagai alat musik nusantara merupakan simbol dari pemersatu keberagaman. Energi dari Suara ketukan membuat keberagaman Indonesia bersatu menjadi satu. Dengan adanya persatuan dari tiap perbedaan akan memperkuat suatu bangsa.
  • Date
    March 2, 2020
    Cheng Ho adalah salah satu penjelajah dan pelaut tersohor di dunia. Menggunakan kapal yang besar dan sangat kokoh, ia melakukan ekspedisi ke beberapa negara -salah satunya Nusantara.
  • Date
    March 2, 2020
    Dalam selembar kain batik mengandung nilai-nilai luhur sehingga dapat menjadi pedoman hidup manusia. Pembatik menorehkan doa-doa kehidupan dalam sebuah seni batik hingga si pemakai akan selalu ingat laku kehidupan.
  • Date
    March 2, 2020
    Tari ini terinspirasi dari Wayang Limbuk yang berada di cerita pewayangan sebagai punakawan wanita yang memiliki karakter berlebihan terhadap keduniawian. Mereka sibuk membenahi fisiknya, tetapi lupa bagaimana juga harus mempercantik karakter dirinya sebagai manusia.
  • Date
    March 2, 2020
    Bagi perempuan jawa, mengkonde rambut adalah sebuah simbol menuju kedewasaan yang sesungguhnya. Bersiap menghadapi labirin-labirin kehidupan dengan penuh kesabaran, kelembutan namun juga ketangguhan, keberanian dan tidak pantang menyerah.
CONTACT US